a.
Tema : Bermain
b.
Topik : indahnya
beraktivitas
c.
Jenjang : kelas
5
d.
Tujuan :
1.
Untuk mengetahui
macam-macam puisi
2.
Untuk mengetahui
unsur-unsur puisi
3.
Untuk mengetahui
tata cara membaca puisi
e.
Deskripsi :
Dalam
topik ini kita diajak untuk membaca puisi dari sebuah gambar Jika kamu membaca puisi, bagaimana mimik wajahmu? Wajahmu harus menampakkan
jika puisi tersebut sedih maka mimik wajah yang ditampakkan harus sedih.
Begitupun sebaliknya jika puisi tersebut senang maka mimik wajahmu juga harus
sengan. Namun kmu harus
membacanya bersemangat dan percaya diri.Ucapan dalam puisi juga harus jelas.
f.
Kosa kata yang
diperkenalkan dan hasil pembelajaran :
1.
Siswa dapat menulis
puisi sesuai dengan gambar dengan benar.
2.
Siswa dapat membaca puisi yang ditulis dengan
ekspresi yang benar
3.
siswa dapat
membuat puisi sendiri
g.
Bahan-bahan :
1.
Buku paket
bahasa Indonesia kelas 5
2.
Contoh puisi
bergambar dari berbagai karya
h.
Pembelajaran-skenario
1.
Guru menjelaskan
topik / materi yang akan dipelajari hari ini
2.
Siswa
menanggapinya
3.
Guru dan siswa
mengadakan tanya jawab tentang pengertian puisi dan macam-macam puisi
4.
Guru memberikan
sebuah contoh puisi dan membacakannya dengan ekspresi yang bagus dan penuh
percaya diri
5.
Siswa
menanggapinya
6.
Siswa diminta
untuk berlatih membaca puisi dengan ekspresi yang bagus dan penuh percaya diri
seperti yang dicontohkan gurunya
7.
Guru menjelaskan
tata cara membaca puisi yang baik dan benar
8.
Siswa
menanggapinya
9. Untuk berlatih menulis puisi siswa diminta untuk melengkapi puisi yang rumpang
10. Setelah
mengamati contoh puisi dan melengkapi puisi rumpang, siswa diminta untuk mengamati beberapa gambar
11. Guru meminta siswa untuk menyusun puisi berdasarkan
gambar
12. Selanjutnya, siswa diminta untuk membacakan hasil karyanya
didepan kelas
Lampiran 1
Tata
cara membaca puisi :
a) Suara:
jelas, lantang, sesuaikan dengan isi/temanya (bersemangat, sedih, gembira
dll) penuh penghayatan.
b) Penampilan:
jika dalam lomba penampilan antara lain pakaiannya, tata rambutnya, raut wajahnya
sebaiknya ceria, sedih, gembira (sesuaikan dengan temanya).
c) Penghayatan
: untuk dapat membaca puisi dengan penuh penghayatan, diperlukan latihan
yang rutin. Wujud penghayatan terhadap puisi antara lain:
·
Suara yang kadang-kadang keras,
lembut, sedih, merintih, bersemangat/berapi-api dll.
·
Wajah berubah-ubah: ceria, menangis,
murung, tertawa, menggerutu, marah dll.
·
Gerakan tangan : tepuk tangan,
menengadah ke atas, mengepalkan jari tangan dan mengacungkan ke atas dll.
d) Penguasaan
materi: supaya dapat membaca puisi dengan baik dan benar, diperlukan
penguasaan puisi yang akan dibaca.
|
![]() |
Lampiran II
Pemain Sepak Bola
Bola ditendang bola ditahan
Tapi tidak asal menendang
Tendang yang keras.....
Goooool ....
Ibu bertanya
Apa cita-citamu, nak?
Dengan cepat aku menjawab
Aku ingin menjadi pemain sepak bola
Aku ingin jago sepak bola
Ibu senang
Tapi kamu jga harus pintar
Sekolah yang rajin
Begitu pesan ibu
|
Karya:ilham
BQ
|
![]() |
|||
![]() |
|||
Menjaga Negara
Satu ... dua ... tiga ...
Derap langkahmu gagah perkasa
Menjaga negara agar sentosa
Terbebas dari angkara murka
Satu ... dua ... tiga ...
Derap langkahmu luar biasa
Tiada boleh ada yang terluka
Kamu bela negara dimana-mana
Aku akan belajar sungguh-sungguh
Aku ingin menjaga negara
Dengan menjadi tentara
|
Karya
firza Rasyid
|
![]() |
Lampiran III
Untuk berlatih
menulis puisi lengkapilah puisi rumpang dengan kata pilihan pada tabel di
bawah!





Kala
pagi buta engkau telah …………………………
Tuk
menunaikan ……………………….yang mulia
Tanpa
bekal makan dan minum engkau tetap ………………
Engkau
bekerja tak kenal …………………………………
Dan
tak ada kata ………………………………………..
Sungguh
………………….jasamu tuk sesama
Terima
kasih untukmu ……………….
Hanya
……………. yang membalas jasamu
Pemilihan kata
|
![]() |
Tuhan
|
Lelah
|
Petani
|
Tugas
|
Menyerah
|
bekerja
|
Mulia
|
bersemangat
|
Lampiran IV



(1) (2) (3)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar