Rabu, 03 Juli 2013

konsep pembelajaran terpadu exact



PRESENTATION PEMBELAJARAN TERPADU (EXACT)

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas
Pembelajaran terpadu
Dosen pengampu :
indah


Oleh :
Riska Amilia
Dia Eka hartatik
Yeni Emilda
Chi Chi tridamayanti


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS ABDURRACHMAN SALEH SITUBONDO
JUNI 2013

Pokok-pokok bahasan dalam Mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok-pokok bahasan dalam mata pelajaran matematika kelas3:
·         Pecahan sederhana
·         Unsur dan sifat bangun datar sederhana
·         Jenis dan besar sudut
·         keliling dan luas persegi dan persegi panjang

Pokok-pokok bahasan dalam mata pelajaran IPA kelas3:
·         Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·         Penggolongan makhluk hidup
·         Perubahan pada makhluk hidup
·         Kesehatan lingkungan
·         Benda dan sifatnya

Pokok-pokok bahasan dalam mata pelajaran IPS kelas3:
·         Lingkungan alam dan buatan
·         Denah lingkungan rumah dan sekolah
·         Kerja sama

Pokok-pokok bahasan dalam mata pelajaran Bhs. Indonesia kelas3:
·         Menjelaskan gambar seri
·         Bermain mengamati
·         Memahami dongeng
·         Memberi tanggapan dan saran
·         Bermain peran
·         Mengurutkan gambar
·         Menyimak pengalaman orang lain
·         Mendengarkan petunjuk
·         Membuat ringkasan
·         Menentukan pokok pikiran



Pokok-pokok bahasan dalam mata pelajaran PPKN kelas3:
·         Gotong royong
·         Keindahan
·         Hidup hemat
·         kedisiplinan

Dari lima mata pelajaran dapat diramu menjadi satu tema pembelajaran terpadu dengan fokus matematika: “Benda”
Yang menjadi fokus pembicaraan adalah benda yang permukaannya berbentuk persegi dan persegi panjang untuk diperkenalkan pada anak-anak:
 1. macam-macam benda berbentuk bangun datar
2. keliling dan luas persegi dan persegi panjang
3. Dalam pelajaran IPA, anak-anak belajar mengetahui sifat benda
4. Dalam pelajaran PKn, anak-anak dapat saling tolong menolong sesama teman
5. Dalam pelajaran Bhs. Indo, anak-anak  dapat melakukan pengamatan
6. Dalam pelajaran IPS, anak-anak  dapat saling berinteraksi di lingkungan
Hal-hal yang akan dibahas dalam kegiatan belajar meliputi:
·         Tujuan
·         Materi/media
·         Skenario KBM
·         Penilaian
Tujuan :
v   Berdasarkan pengamatan murid-murid dapat menyebutkan benda disekitar
v   Berdasarkan pengamatan murid-murid dapat mengelompokkan benda yang tergolong persegi dan persegi panjang
v   Melalui suatu kegiatan murid dapat menyebutkan kegunaan suatu benda bangun datar
v  Siswa dapat melakukan kerjasama bersama kelompoknya dengan baik
v  Siswa dapat berkomunikasi dengan baik
v  Melalui suatu kegiatan latihan murid dapat mengetahui luas dan keliling dari benda tersebut

Materi / Media :
Dalam Tema “Benda” siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang. Untuk setiap kelompok dibutuhkan :
v   3 barang berbeda yang berbentuk persegi
v   3 barang berbeda yang bentuk persegi panjang
v  Benda yang berbentuk bangun datar

Skenario KBM
v   Guru meminta siswa berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari dari 3 orang.
v   Setiap anak membawa benda yang permukaannya berbentuk persegi dan persegi panjang
v   Guru meminta perwakilan dari kelompoknya menyebutkan salah satu kegunaan benda yang dibawanya
v   Setiap kelompok mengelompokkan benda yang permukaannya berbentuk persegi dan persegi panjang
v  Setiap kelompok saling bertukar benda yang dibawa dengan kelompok lain
v  Setiap kelompok diminta untuk mengukur panjang benda menggunakan penggaris
v  Setiap kelompok melakukan penghitungan tentang luas dan keliling persegi dan persegi panjang
v  Guru dan siswa membahas tentag hasil pekerjaannya
v  Guru dan siswa melakukan penyimpulan terhadap hasil pembelajaran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar