
PRESENTATION PEMBELAJARAN
TERPADU (EXACT)
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas
Pembelajaran terpadu
Dosen
pengampu :
indah
Oleh :
Riska
Amilia
Dia Eka
hartatik
Yeni
Emilda
Chi Chi
tridamayanti
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS ABDURRACHMAN SALEH SITUBONDO
JUNI 2013
Pokok-pokok bahasan
dalam Mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok-pokok bahasan
dalam mata pelajaran matematika kelas3:
·
Pecahan
sederhana
·
Unsur dan
sifat bangun datar sederhana
·
Jenis dan
besar sudut
·
keliling
dan luas persegi dan persegi panjang
Pokok-pokok bahasan
dalam mata pelajaran IPA kelas3:
·
Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup
·
Penggolongan
makhluk hidup
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Kesehatan
lingkungan
·
Benda dan
sifatnya
Pokok-pokok bahasan
dalam mata pelajaran IPS kelas3:
·
Lingkungan
alam dan buatan
·
Denah
lingkungan rumah dan sekolah
·
Kerja sama
Pokok-pokok bahasan
dalam mata pelajaran Bhs. Indonesia kelas3:
·
Menjelaskan
gambar seri
·
Bermain
mengamati
·
Memahami
dongeng
·
Memberi
tanggapan dan saran
·
Bermain
peran
·
Mengurutkan
gambar
·
Menyimak
pengalaman orang lain
·
Mendengarkan
petunjuk
·
Membuat
ringkasan
·
Menentukan
pokok pikiran
Pokok-pokok bahasan
dalam mata pelajaran PPKN kelas3:
·
Gotong
royong
·
Keindahan
·
Hidup
hemat
·
kedisiplinan
Dari lima mata pelajaran dapat diramu menjadi satu tema pembelajaran terpadu dengan fokus matematika: “Benda”
Yang menjadi fokus pembicaraan adalah benda yang permukaannya berbentuk persegi dan persegi panjang untuk diperkenalkan pada anak-anak:
1. macam-macam benda berbentuk bangun datar
2. keliling dan luas persegi dan persegi panjang
3. Dalam pelajaran IPA, anak-anak belajar mengetahui sifat benda
4. Dalam pelajaran PKn, anak-anak dapat saling tolong menolong sesama teman
5. Dalam pelajaran Bhs. Indo, anak-anak dapat melakukan pengamatan
6. Dalam pelajaran IPS, anak-anak dapat saling berinteraksi di lingkungan

Hal-hal yang akan
dibahas dalam kegiatan belajar meliputi:
·
Tujuan
·
Materi/media
·
Skenario
KBM
·
Penilaian
Tujuan :
v
Berdasarkan pengamatan murid-murid dapat
menyebutkan benda disekitar
v
Berdasarkan pengamatan murid-murid dapat
mengelompokkan benda yang tergolong persegi dan persegi panjang
v
Melalui suatu kegiatan murid dapat menyebutkan
kegunaan suatu benda bangun datar
v
Siswa
dapat melakukan kerjasama bersama kelompoknya dengan baik
v
Siswa
dapat berkomunikasi dengan baik
v
Melalui
suatu kegiatan latihan murid dapat mengetahui luas dan keliling dari benda
tersebut
Materi / Media :
Dalam Tema “Benda”
siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang. Untuk setiap
kelompok dibutuhkan :
v
3 barang berbeda yang berbentuk persegi
v
3 barang berbeda yang bentuk persegi panjang
v
Benda yang
berbentuk bangun datar
Skenario KBM
v
Guru meminta siswa berkelompok, masing-masing
kelompok terdiri dari dari 3 orang.
v
Setiap anak membawa benda yang permukaannya
berbentuk persegi dan persegi panjang
v
Guru meminta perwakilan dari kelompoknya
menyebutkan salah satu kegunaan benda yang dibawanya
v
Setiap kelompok mengelompokkan benda yang
permukaannya berbentuk persegi dan persegi panjang
v
Setiap
kelompok saling bertukar benda yang dibawa dengan kelompok lain
v
Setiap
kelompok diminta untuk mengukur panjang benda menggunakan penggaris
v
Setiap
kelompok melakukan penghitungan tentang luas dan keliling persegi dan persegi
panjang
v
Guru dan
siswa membahas tentag hasil pekerjaannya
v
Guru dan
siswa melakukan penyimpulan terhadap hasil pembelajaran



Tidak ada komentar:
Posting Komentar