PRESENTATION PEMBELAJARAN
TERPADU (Non EXACT)
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas
Pembelajaran terpadu
Dosen
pengampu :
indah
Oleh :
Riska
Amilia
Dia Eka
hartatik
Yeni
Emilda
Chi Chi
tridamayanti
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS ABDURRACHMAN SALEH SITUBONDO
JUNI 2013
Pada tahap persiapan,
kegiatan yang perlu dilakukan guru ialah:
- Mencermati pokok bahasan dan judul pada mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPS, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian
- Menentukan pokok bahasan yang dapat dipadukan, dan membuat peta keterkaitan.
4. Penjas :
•
Siswa dapat melakukan sebuah gerakan guna
menjaga kesehatan badan
5. Bahasa Indonesia :
•
Siswa dapat membaca memindai
•
Siswa
dapat menjelaskan macam-macam budaya di daerahnya
•
Siswa
dapat membuat naskah drama secara sederhana
•
Siswa bisa
bermain peran
d. Tujuan khusus
pembelajaran
1)
Siswa
dapat mengenal keragaman sosial budaya di daerahnya
2)
Siswa dapat
menunjukkan sikap tingkah laku budaya di lingkungannya
3)
Siswa
dapat memahami sebuah tarian dengan tema “ Nyodu Nener”
4)
Siswa
dapat menarikan salah satu tarian Nyodu Nener
5)
Siswa
dapat memahami isi text drama
6)
Siswa
dapat membuat text drama sendiri
7)
Siswa dapat
bermain peran
e. Menentukan tema yang sesuai. Agar lebih
terarah perlu disampaikan beberapa pertanyaan, antara lain:
1)
Siapa yang
tahu apa itu kebudayaan?
2)
Kebudayaan
apa saja yang ada didaerahmu?
3)
Bagaimana
cara berprilaku terhadap kebudayaan tersebut
4)
Bagaimana
cara melestarikan kebudayaan di daerahmu
Dari diskusi tersebut
tema yang sesuai adalah “mencintai kebudayaan daerah”.
Adapun judul, siswa
bebas memilih judul dialognya sesuai keinginannya berdasarkan tema yang
ditentukan
Tujuan:
Setelah melakukan
kegiatan dalam pembelajaran terpadu dengan tema “mencintai kebudayaan daerah”
siswa dapat:
(1) Memahami isi text
drama
(2) Berlatih bermain
peran
Setelah mengetahui cara bermain peran, siswa dapat:
(1)
Membuat
text drama sederhana
(2)
Memahami
isi text drama yang dibuat
(3)
Mengetahui
tugas dan peran yang akan dimainkan
Setelah mengetahui
peran masing-masing, siswa dapat:
Bermain peran dengan
percaya diri
Materi/ media
Bahan-bahan yang
dibutuhkan dalam mengajarkan tema cinta kebudayaan daerah :
- Artikel tentang macam-macam kebudayaan daerah
- Contoh text dialog yang berhubungan dengan kebudayaan
- Macam-macam gambar tarian daerah
- Informasi mengenai sejarah singkat kebudayaan daerahnya sendiri
c.
Strategi
Strategi yang cocok
digunakan adalah:
- Pemberian tugas
- Bermain peran
- Ceramah
- Demonstrasi
Metode tersebut
dijabarkan dalam kegiatan sebagai berikut:
- Membaca berbagai macam text drama
- Memahami isi text drama
- Berlatih bermain peran
- Membentuk kelompok besar untuk bermain peran
- Membuat text drama sederhana
- Memahami isi text drama
- Menentukan peran dan tokoh masing-masing
- Berlatih bermain peran
- Bermain peran di depan kelas dengan percaya diri
d. Penilaian
- Untuk kegiatan menari, maka proses yang dinilai adalah:
- kekompakan
- kelenturan gerak
- kerapian
- keindahan
- karakter
- Pada kegiatan bermain peran proses yang dinilai adalah:
- kerja sama kelompok
- keberanian
- kekompakan
- Kedisiplinan
- berpikir kritis.
- percaya diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar