RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : I/I
Materi Pokok : Bercerita
waktu : 2 x 35 menit
(1 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menceritakan gambar
dengan kalimat sederhana
C. Indikator
2.1.1 Mendeskripsikan kalimat sederhana
2.1.2 Menunjukkan beberapa macam gambar menarik
D. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat Mendeskripsikan kalimat sederhana
- Melalui media gambar Siswa dapat menceritakan gambar dengan kalimat sederhana
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Pembelajaran
§ Menceritakan
Gambar

“Ini adalah sebuah
mobil bagus yang berwarna kuning”
F. Media Belajar
o
Buku Bahasa
Daerah SD Relevan Kelas I
o
Buku penunjang lainnya yang relevan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Pelajaran
dibuka dengan salam dan do’a bersama
o
Menegcek
kehadiran siswa
o
Apersepsi
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
Gambar apa saja yang kalian temui
didalam kelasmu?
o
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
F Siswa menerima informasi materi
secara singkat dari guru
F
Siswa
mencari informasi mengenai contoh kalimat sederhana
F
Siswa
dan guru mengadakan tanya jawab tentang macam-macam gambar yang ada didalam
kelas
F
Siswa
diminta untuk menunjukkan sebuah gambar yang ada didalam kelas
F
Siswa
diminta untuk maju kedepan kelas dengan menunjukkan gambar yang dipilih dan
menceritakannya dengan menggunakan kalimat sederhana
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil
pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian lisan dari guru
|
(50 menit)
10 menit
|
H. Penilaian:
· lisan
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru kelas I
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : II/I
Materi Pokok : berbicara
waktu : 2 x 35
menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami isi cerita
tentang kegiatan sehari-hari yang dikerjakan anak
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengungkapkan
kembali cerita kegiatan sehari-hari yang dikerjakan anak
C. Indikator
.2.1
Menyebutkan kegiatan yang dilakukan sehari-hari
.2.2 Menjelaskan macam-macam
kegiatan yang dilakukan sehari-hari
D.
Tujuan
Pembelajaran** :
- Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dilakukan sehari-hari
- Melalui pengalaman siswa dapat menceritakan kembali kegiatan yang dilakukan sehari-hari
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Disciplit54ne ), Rasa
hormat dan perhatian ( 4reeerrespect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi
Essensial
Menceritakan kembali
kegiatan sehari-hari
F.
Media
Belajar
o
Buku Bahasa
Daerah kelas II
o
Buku penunjang lainnya yang relevan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi
dan Motivasi :
a.
Pelajaran
dibuka dengan salam dan do’a bersama
b.
Menegecek
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya:
Apa saja yang kalian kerjakan
saat bangun tidur sampai tidur lagi
d.
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
F Siswa menerima informasi materi
secara singkat dari guru
F Siswa dan guru mengadakan tanya
jawab tentang kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa membuat kegiatan yang
dilakukan sehari-hari secara tertulis
F Siswa menceritakan kembali
didepan kelas tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari
|
(50 menit)
|
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian lisan dari guru
|
(10 menit)
|
H.
Penilaian:
·
Lisan
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas II
.................................. .................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : III/1
Materi Pokok : Dialog
waktu : 2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
- Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sesuai dengan tingkatan bahasa Madura lewat telepon
B. Kompetensi Dasar
2.1
Melakukan percakapan lewat telepon dengan menggunakan
tingkatan bahasa madura
C.
Indikator
2.1.1 Mengidentifikasi dialog
secara sederhana
2.1.2 Melakukan komunikasi
secara langsung terhadap teman sebangku
D. Tujuan Pembelajaran** :
o
Siswa dapat membuat dialog secara sederhana
o
Melalui kegiatan berdialog siswa dapat
berkomuniaksi secara langsung dengan menggunakan telepon
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Essensial
o
Berdialog melalui telepon
A: hallo, indah
B: hallo, diah
A: kamu lagi apa?
B: Saya lagi
belajar, ngerjakan PR
A: Oh iya sudah lanjutkan, maaf ganggu ndah
B: iyah gak papa di
A: aku tutup ya telfonnya
A: aku tutup ya telfonnya
B: okey diah sampai
ketemu besok ya..
A: okey
A: okey
F. Media Belajar
o
Buku Bahasa
Daerah kelas III
o
Buku penunjang lainnya yang relevan
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi
dan Motivasi :
Pernahkah kalian bertelepon
dengan temanmu?
d.
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
F Siswa menerima informasi materi
secara singkat dari guru
F Siswa dan guru mengadakan tanya
jawab tentang cara bertelepon yang baik dan benar
F
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok kecil minimal 3 orang
F
Siswa
diminta secara berkelompok untuk berdialog dalam bertelepon didepan kelas
scara singkat
F
Sedangkan
siswa yang lain menaggapinya dan berkomentar dari hasil kelompok tersebut
|
(50 menit)
|
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian lisan dari guru
|
(10 menit)
|
H. Penilaian:
·
Lisan
(dialog dalam bertelepon)
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Kelompok
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas III
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : IV/II
Materi Pokok : Memahami text bacaan
waktu : 2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
7. Memahami
text bacaan,sinonim dan antonym, oca’ rangkek(oca’ camporan), kerata basa, oca’
saroja, dan roar basa
B. Kompetensi Dasar
7.2 Menemukan sinonim kata-kata sulit dalam bacaan
C.
Indikator
7.2.1 Menjelaskan pengertian
sinonim
7.2.2 Menunjukkan sinonim kata-kata
sulit dalam text bacaan
D. Tujuan Pembelajaran** :
o
Siswa dapat membuat mengetahui pengertian
sinonim
o
Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menemukan
sinonim kata-kata sulit
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Essensial
Text bacaan
berbahasa Madura yang bejudul “Alako Majeng”
F. Media Belajar
·
Buku Bahasa
Daerah kelas IV
·
Buku penunjang lainnya yang relevan
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
A.
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
Siapa yang tau pengertian sinonim?
d.
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
B.
Kegiatan
Inti
F Siswa menerima informasi materi
secara singkat dari guru
F Setiap siswa diminta untuk
membaca text bacaan yang berjudul “Alako Majeng”
F Siswa dan guru mengadakan tanya
jawab tentang “isi text bacaan tersebut”
F Siswa diminta untuk menemukan
sinonim kata-kata sulit dalam text bacaan yang sudah dibaca
F Siswa dan guru membahas hasil
evaluasi yang dikerjakan siswa
|
(50 menit)
|
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian tulis dari guru
|
(5
menit)
|
H.Penilaian:
·
Tulis
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : V/1
Materi Pokok : Membuat kalimat
waktu : 2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
- Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan dalam bentuk parebasan, menulis carakan, oca’ tanduk, oca’ barang, kata seru, kata sifat, dan kata bilangan
B. Kompetensi Dasar
4.4 Membuat
kalimat dengan menggunakan kata benda
C. Indikator
4.4.1 Mengidentifikasi kalimat
sederhana
4.4.2 Membuat kalimat dengan
menggunakan kata benda secara sederhana
D.
Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa dapat mengidentifikasi dan menyebutkan
kalimat-kalimat sederhana
o
Siswa dapat Membuat kalimat dengan menggunakan kata benda secara
sederhana
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi
Essensial
Contoh kalimat sederhana dengan menggunakan kata benda
1.
Rumah itu sungguh mewah sekali yang dilengkapi dengan
taman bunga
2.
Bunga mawar merah sangat indah dilihat karena bau dan
warnanya yang menawan
F.
Media
Belajar
o
Buku Bahasa
Daerah kelas V
o
Buku penunjang lainnya yang relevan
G.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
Siapa yang tau apa itu kalimat
sederhana?
d.
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
F Siswa menerima informasi materi
secara singkat dari guru
F Siswa dan guru mengadakan tanya
jawab tentang contoh kalimat sederhana dengan menggunakan kata benda
F
Siswa
diminta untuk membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kata benda
F
Siswa
diminta untuk bertukar hasil kerjanya terhadap teman sebangkunya dan
mendiskusikannya
F
Siswa
dan guru secara bersama-sama mendiskusikan hasil pekerjaannya
|
(50 menit)
|
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian lisan dari guru
|
(10 menit)
|
- Penilaian:
·
Tulis
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : VI/1
Materi Pokok : Memahami struktur kalimat
waktu : 2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
3.
Memahami struktur kalimat tentang kalimat sempurna dan kalimat tidak sempurna /
kalimat sederhana (okara majja), kalimat berita, kalimat tanya, kalimat
perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka
B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi
kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat
ajakan, kalimat saloka
C. Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi kalimat
berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat
saloka
3.2.2 Membuat kalimat
berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan,
kalimat saloka
D.
Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa dapat mengidentifikasi kalimat berita,
kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat saloka
Siswa dapat Membuat
kalimat dengan menggunakan kata benda secara sederhana
o
Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat membuat kalimat
berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan,
kalimat saloka
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi
Essensial
Contoh kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah,
kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat saloka
1.
Kalimat berita
Di kota Jakarta banyak terjadi bencana banjir
2.
Kalimat tanya
Bagaimana perasaanmu jika kamu mendapatkan hadiah?
3.
Kalimat perintah
Tolong ambilkan buku itu!
4.
Kalimat pujian
Bunganya indah sekali
5.
Kalimat ajakan
Mari kita bersihkan lingkungan ini
6.
Kalimat saloka
Budayakan hidup sehat
F. Media Belajar
o
Buku Bahasa
Daerah kelas VI
o
Buku penunjang lainnya yang relevan
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
a.
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
Siapa yang tau apa itu kalimat berita,
kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat
saloka
e.
Siswa
mendapatkan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
(10 menit)
|
b.
Kegiatan
Inti
f.
a.
Siswa menerima informasi materi secara singkat dari guru
g.
b.
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang contoh kalimat berita,
kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat
saloka Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok
c. Setiap kelompok mendiskusikan
materi yang berbeda tentang kalimat berita, kalimat tanya, kalimat
perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, kalimat saloka
d.
Setiap tim ahli dari masing-masing kelompok berlebur
menjadi sebuah kelompok baru dan mendiskusikan hasil diskusinya dari kelompok
yang lama
e. Setiap
tim ahli kembali kekelompok semula untuk mendiskusikan kembali hasil yang
didapat pada kelompok yang baru
|
(50 menit)
|
-
Memberikan kesimpulan terhadap hasil pembelajaran :
-
Refleksi
terhadap hasil proses belajar mengajar
-
Siswa
mendapatkan penilaian lisan dari guru
|
(10 menit)
|
H. Penilaian:
·
Lisan
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Kelompok
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
mantaaaap.
BalasHapusButuh File perangkat Bahasa Daerah Bugis
BalasHapusadakah KD semester genap????
BalasHapusMantap banget jika ditambah dengan semester genapnya juga.
BalasHapus